Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

                                                

by: nino karlito 13 Sept 2021

Assalamuallaikum buat pengunjung setia karlito..
pertemuan kali ini kita akan membahas tuorial dasar penggunaan Unity3D, bagi sobat yang baru memulai dan ingin sekali untuk mempelajari simak bareng-bareng.
Pertama yang akan kita lakuin yaitu mempersiapkan software Unity3D nya terlebih dahulu download saja disini sobbb!!!

sebelumnya ini adalah tugas matakuliah Pemrograman permainan saya di kampus Universitas Budi Luhur ,bagi yang ingin nongkrong/ngopi bareng di sekitaran kampus kalian bisa DM ig saya sob!!!!disini

Lanjutt ke pembahasan. 
apabila sudah di install masuk dengan akun unity atau bisa daftar menggunakan akun google pribadi masing-masing. Setelah berhasil, Login kemudian klik project baru atau klik new untuk membuat nya, lalu tentukan nama project baru sesuai keinginan sobat, lokasi penyimpanan data, dan penggunaan template 2D atau 3D selanjutnya klik tombol Create Project. 

setelah masuk kita akan melihat tampilan awal seperti gambar di bawah ini,

Interface unity


Bagian-bagian diatas sudah memiliki kegunaan masing-masing yaitu:
  1. Hierarchy Window merupakan tempat untuk melihat daftar gameObject apa saja yang ada didalam scene, apabila setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.
  2. Game View yaitu untuk melihat hasil dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user.
  3. Scene View merupakan tempat untuk melihat secara keseluruhan objek yang digunakan digame, scen view dapat mengedit objek, baik dalam hal posisi, rotasi maupun juga skala.
  4. Project Window digunakan untuk menampilkan daftar assets yang dapat digunakan dalam project kita. Jika menambahkan assets baru, ia akan muncul di project window.  
  5. Console Window yaitu untuk mengetahui log dalam script serta informasi error dan peringatan yang ada didalam script
  6. Inspector Window digunakan untuk mengedit semua properties pada objek yang aktif.


Pengaturan Assets


Di Project Window kita dapat mengelola file yang akan kita gunakan selama pembuatan Game. File yang sering digunakan diantaranya Scenes, Script, Gambar, Audio, dll.


Selain file, kita dapat mengatur folder supaya penempatan file lebih rapi. Umumnya file scenes akan disimpan dalam satu folder scenes, file script disimpan dalam satu folder script, dst.




Membuat folder fitur Assets

Membuat nya sangat gampang sekali bisa dengan cara-> Klik kanan pada assets,Create lalu > folder. Dan diberi nama sesuai yang diinginkan. Contoh buatlah folder Script.



Membuat Script
Klik kanan pada assets/folder lain ada pada script , Create > C# Script.kemudian bei nama file script. Contoh buat file sHelloWorld.cs


Apabila ingin menambahkan atau mengganti software editor untuk mengedit scriptnya bisa dengan cara: Edit > Preferences > External Tools > Browse…
*disini saya menggunakan Visual Studio Code


kemudian edit script HelloWorld.cs tadi menjadi seperti gambar diatas.

*ingin daftar prosedur serta fungsi lengkap yang ada pada kelas MonoBehaviour, silakan klik DISINI :


Lalu drag and drop file script HelloWorld.cs ke Main Camera di Hierarchy Window

Dan pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject Main Camera dan menjadi komponen baru bagi Main Camera dengan melihat Inspector.

nah sampai disini sudah hampir selesai Lalu sobat bisa klik tombol Play

dan akan muncul di jendela console seperti di atas.

Jika diklik salah satu list yang ada di console, akan muncul info detile dari informasi nama berkas (file) script hingga baris kode tersebut.

Apabila ingin menghentikan jalan game sobat bisa klik tombol Play lagi.


sampai sinilah tutorial ini apabila masih ada kendala, langsung saja sobat bisa tanyakan di kolom komentar ...sekian dan terima kasih :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]