Assalamuallaikum buat pengunjung setia karlito..
- Hierarchy Window merupakan tempat untuk melihat daftar gameObject apa saja yang ada didalam scene, apabila setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.
- Game View yaitu untuk melihat hasil dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user.
- Scene View merupakan tempat untuk melihat secara keseluruhan objek yang digunakan digame, scen view dapat mengedit objek, baik dalam hal posisi, rotasi maupun juga skala.
- Project Window digunakan untuk menampilkan daftar assets yang dapat digunakan dalam project kita. Jika menambahkan assets baru, ia akan muncul di project window.
- Console Window yaitu untuk mengetahui log dalam script serta informasi error dan peringatan yang ada didalam script
- Inspector Window digunakan untuk mengedit semua properties pada objek yang aktif.
Pengaturan Assets
Di Project Window kita dapat mengelola file yang akan kita gunakan selama pembuatan Game. File yang sering digunakan diantaranya Scenes, Script, Gambar, Audio, dll.
Selain file, kita dapat mengatur folder supaya penempatan file lebih rapi. Umumnya file scenes akan disimpan dalam satu folder scenes, file script disimpan dalam satu folder script, dst.
Apabila ingin menambahkan atau mengganti software editor untuk mengedit scriptnya bisa dengan cara: Edit > Preferences > External Tools > Browse…
*disini saya menggunakan Visual Studio Code
Dan pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject Main Camera dan menjadi komponen baru bagi Main Camera dengan melihat Inspector.
dan akan muncul di jendela console seperti di atas.
Jika diklik salah satu list yang ada di console, akan muncul info detile dari informasi nama berkas (file) script hingga baris kode tersebut.
Apabila ingin menghentikan jalan game sobat bisa klik tombol Play lagi.
sampai sinilah tutorial ini apabila masih ada kendala, langsung saja sobat bisa tanyakan di kolom komentar ...sekian dan terima kasih :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar